DOSEN REKAM MEDIS FAKULTAS KESEHATAN UNJANI YOGYAKARTA GELAR PELATIHAN DAN MENGHIBAHKAN APLIKASI PELAPORAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL GAWAT DARURAT BERBASIS WEB KEPADA RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL

Tim Dosen Rekam Medis dan Infromasi Kesehatan (D-3) Fakultas Kesehatan Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) Yogyakarta yang terdiri dari tim dosen Kori Puspita Ningsih, AMd., SKM., MKM, Sigid Nugroho Adhi, M.Eng, Zakharias Purbo Binuko, AMdRMIIK., SIP., MPH dan Imaniar Sevtiyani, SKM., MKM memberikan pelatihan dan menghibahkan aplikasi Pelaporan Standar Pelayanan Minimal Berbasis Web kepada Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Panembahan Senopati Bantul, Trirenggo, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (26/12/2019) lalu.

Menurut Kori Puspita Ningsih,  Standar Pelayanan Minimal Gawat Darurat (SPM GD) digunakan sebagai syarat administrasi Badan layanan Umum Daerah (BLUD) dan bahan penilaian kinerja pelayanan bidang kesehatan, khususnya rumah sakit. Capaian SPM yang memenuhi standar dapat menggambarkan pelayanan kesehatan yang memenuhi standar pula. Oleh karena pentingnya informasi capaian SPM maka Aplikasi SPM GD  berbasis web dapat dioptimalkan untuk mendukung proses pengumpulan, pengolahan dan penyajian data sehingga mampu meningkatkan kualitas informasi pada aspek ketersediaan, kemudahan, kesesuaian, kelengkapan dan ketepatan waktu, yang ditunjukkan dengan adanya efektifitas alur kerja petugas, informasi mudah diakses, data tersimpan terpusat pada manajamen basis data.

Tidak hanya memberikan materi tentang pentingnya SPM GD sebagai syarat adminitrasi BLUD, pembuatan profil indikator SPM GD dan kebutuhan input data SPM GD yang digunakan sebagai data dasar (input data) dalam pembutan laporan SPM GD, Tim Dosen Fakultas Kesehatan UNJANI Yogyakarta juga memberikan pelatihan penggunaan Aplikasi SPM GD  berbasis web. Prosedur yang dilakukan adalah Tim dosen menyampaian materi terkait Manual Program Aplikasi SPM GD berbasis web mulai dari instalasi program, menu fitur dan tools yang dapat digunakan oleh user, kegiatan validasi data, hingga mencetak laporan SPM GD.

Selain itu untuk meningkatkan animo peserta, setiap petugas mencoba satu per satu tools yang mulai dari input data sampai mencetak laporan sesuai dengan otorisasi masing-masing petugas. Dengan demikian diharapkan petugas/user yang akan menggunakan aplikasi tersebut menjadi lebih siap dan terlatih. Disamping ikut disediakan pula doorprize bagi petugas IGD yang aktif dalam kegiatan tersebut. Diakhir sesi ketua Tim menlakukan serah terima aplikasi Standar Pelayanan Minimal Berbasis Web kepada Kepala IGD RSUD Panembahan Senopati Bantul.

Gambar 1. Peserta penyuluhan kegiatan PKM

Gambar 2. Kegiatan diskusi penyuluhan

Gambar 3. Penandatanganan Berita Acara Penyerahan Applikasi SPM GD

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.