Mahasiswa Prodi RMIK Juara Satu Tunggal Putra Olimpiade Rekam Medis Indonesia 2018

SLEMAN – Bertempat di Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Sabtu (12/05/2018) digelar Medical Record Coding Competition (MRCC) yang diselenggarakan oleh Panitia Olimpiade Rekam Medis Indonesia (ORI) 2018. Prodi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) Fakultas Kesehatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta mengirimkan 2 kontingen tunggal Putra dan Putri dan 1 tim ganda campuran dalam lomba bergengsi tersebut, ikut bersaing bersama 43 kontestam tunggal putra dan putri dan 25 tim ganda campuran dari Prodi RMIK D3/D4 PTN/PTS seluruh Indonesia. Dengan kemampuan yang dibekalkan dari kampus, satu kontingan tunggal putra a.n. Depta Ari Saputra (Angkatan 2015) Prodi RMIK berhasil menjadi Juara 1 kategori tunggal putra dan mengalahkan 24 tim lainnya dan berhak atas Medali, Uang pembinaan, dan Piagam penghargaan.

“Kita bersyukur atas prestasi mahasiswa menjuarai lomba bergengsi ini. Kemenangan ini tentu akan meningkatkan citra serta Prodi RMIK Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta sesuai visinya yaitu menjadi Prodi yang Unggul dan Terdepan dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi di bidang rekam medis dan informasi kesehatan yang profesional dan mampu bersaing di era global” kata Ketua Prodi RMIK Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, Laili Rahmatul Ilmi, MPH, dalam keterangan tertulisnya kepada¬†unjaya.ac.id, Senin 14 Mei 2018.

Tujuan MRCC adalah untuk melatih kemampuan klasifikasi kodefikasi penyakit dan masalah terkait beserta tindakannya sesuai dengan International Statistical Classification of Diseases and Related Health Problems (ICD) -10 dan ICD-9 CM dalam rangka meningkatkan profesionalisme perekam medis sehingga dapat menghadapi tantangan global, sehingga dengan menjuarainya maka mahasiswa Prodi RMIK Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta membuktikan telah dididik secara baik dan siap untuk terjun dalam profesi perekam medis ketika lulus yang  membutuhkan profesionalitas karena akan menentukan bagaimana nantinya pelayanan kesehatan di suatu fasilitas pelayanan kesehatan sehingga berpengaruh besar terhadap kualitas mutu pelayanan. [be].

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.